Kamus besar bahasa indonesia(KBBI)






Sistem bukan sistim, itulah salah satu penulisan kata yang benar menurut kamus besar bahasa indonesia yang disusun oleh http://pusatbahasa.depdiknas.tend.id/kbbi, namun untuk mengakses laman tersebut diperlukan koneksi internet terus menerus. Kendala tersebut sirna setelah ada yang membuat versi offline-nya.
Dibanding versi online, kamus ini mempunyai beberapa keunggulan, dan selain itu kamus ini gratis (freeware) dan bebas disebarluaskan dengan syarat tidak mengubah software.
Download KBBI v1.1 ukuran sekitar 3.2 MB:

Penggunaan dan Fitur
Sengaja tidak ada petunjuk penggunaan atau toothed bantuan, karena penggunaannya sangat mudah, tinggal memasukkan kata yang akan dicari dan tekan penetrate atau klik tombol cari, maka akan ditampilkan arti kata yang dimaksud jika ada.
Arti yang ditampilkan sudah di format sedemikian rupa sehingga memudahkan pengguna membaca dan mencari definisi kata yang dimaksud. Dua kolom sebelah kiri merupakan hasil kata pencarian, dengan penjelasan:
Kolom atas merupakan daftar kata yang merupakan kata dasar
Kolom kedua merupakan hasil pencarian, tetapi tidak didapatkan pada kata dasar tetapi pada kata turunan atau majemuk (diistilahkan dengan sub-lema)
Bagian kanan merupakan definisi kata yang ditampilkan dengan warna yang memberikan arti sebagai berikut :
Warna merah dengan latar kuning adalah lema (kata dasar)
Warna merah dengan nomor adalah banyaknya arti atau definisi kata
Warna merah saja tanpa latar merupakan sub lema atau kata turunan
Warna biru adalah jenis kata atau termasuk dalam istilah apa
Warna hitam adalah arti aau definisi kata
Warna hijau adalah contoh penggunaan kata dalam kalimat
Warna ungu adalah contoh dalam peribahasa
Warna hitam dengan background hijau merupakan hasil pencarian yang terdapat pada sub-lema atau kata turunan
Semoga bermanfaat terutama dalam penulisan-penulisan ilmiah semisal skripsi, laporan, karya tulis dan lain-lain sehingga meminimalkan revisi (mahasiswa bangett Software Kamus Besar Bahasa Indonesia Offline [gratis] pic ).

Ingin mendownload,klik aja link di bawah ini:

Download KBBI  V1.1
password : www.world-content.blogspot.com

Note : Sebelum keluar dari situs ini,tolong blog ini di follow ya berikan komentar untuk blog ini.Dan juga Untuk para blogger alangkah bagusnya bila kita saling bertukar informasi,demi kemajuan blog kita berdua...
Trim's atas kunjungannya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger